Baru Pertama Punya “Moge”, Perhatikan Ini!

Tangerang, KompasOtomotif – Pilihan sepeda motor besar atau biasa disebut “moge”, untuk menemani aktivitas sehari-hari semakin marak di Indonesia. Meskipun, sebagian besar masih menggunakannya di akhir pekan saja, untuk kumpul-kumpul bersama kolega atau komunitas.

Digunakan untuk apapun itu, pastinya jangan sampai lupakan keselamatan, apalagi bagi para pengendara moge pemula, atau yang baru saja berniat membeli. Karena motor ini memiliki perbedaan karakter dengan sepeda motor biasa (ber-cc kecil).

Hendrik Ferianto, Instruktur Safety Riding Astra Honda Motor (AHM) memberi beberapa masukan, bagi beberapa pengendara pemula.

Pertama, persiapkan kemampuan dan mental terlebih dahulu. Karena kebanyakan pengemudi moge pemula, tidak siap secara mental, walaupun secara skill mendukung. “Naik moge itu harus tenang, percaya diri,” ujar Hendrik, Kamis (13/10/2016).

Kedua, pastikan sebelum menunggangi moge yang dibeli, sang pemilik harus sudah bisa dengan sepeda motor dengan ukuran mesin di bawahnya, tentu dengan karakter yang cukup serupa. “Misalnya ingin membeli CBR 650, seharusnya si calon pembeli atau pemilik harus bisa mengendarai CBR250. Jangan setiap harinya naik Skutik, tapi langsung menunggangi moge, bisa celaka, apalagi tanpa berlatih,” ucap Hendrik.

Ketiga, jika sudah berhasil dibeli, kenali sepeda motor sebelum langsung dibawa riding, terutama jarak jauh. “Cari tahu dan rasakan sensitivitas karakter tarikan gas, power, dan torsinya agar tidak kaget dan terhentak, yang berujung penyebab kecelakaan,” kata Hendrik.

Keempat, sadari betul, kalau sepeda motor berkubikasi besar memiliki bobot yang berat. Jadi jangan sembrono mengendalikannya, karena bisa membuatnya justru terjatuh. “Belajar juga bagaimana cara mengangkat dan mendorong moge dengan benar,” kata Hendrik.

Kelima, saat moge baru saja dinyalakan, biarkan terlebih dahulu, sampai suhu mesin mencapai titik ideal (70 derajat) barulah moge siap dipacu.

“Saat mesin baru dinyalakan, moge atau sepeda motor lainnya, rpm akan meninggi, dan sebaiknya tunggu sampai turun. Namun jika nekat langsung menggunakan, maka akan berisiko kecelakaan, pasalnya kontrol gas mereka tidak stabil,” ujar Hendrik.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/10/14/084100615/baru.pertama.punya.moge.perhatikan.ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *