Perhatikan Ini bila Meninggalkan Sepeda Motor Saat Mudik

Jakarta, KompasOtomotif — Libur mudik biasanya dilakukan dengan durasi cukup lama sehingga bisa saja meninggalkan rumah hingga sepekan. Bila kita meninggalkan sepeda motor dalam kondisi yang tidak baik, maka bisa saja muncul kendala saat kita akan menggunakannya lagi saat nanti pulang ke rumah.

Safety Riding Analyst Astra Motor, Michael Gerald Gozal, menjelaskan beberapa poin agar sepeda motor tetap fit untuk digunakan. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Bila akan pergi mudik dalam waktu lama, usahakan agar sepeda motor dalam kondisi bersih dan kering. Langkah ini penting untuk menghindari korosi atau karat selama sepeda motor ditinggal.

2. Isi bensin dalam kondisi penuh (full tank), atau sebaliknya, kuras tangki sampai benar-benar kosong. Hal ini berguna untuk menghindarkan terjadinya karat karena proses penguapan bensin saat sepeda motor ditinggal dalam waktu yang lama.

3. Akan lebih baik jika kita mencabut aki. Setelahnya, simpan aki motor di tempat yang aman.

4. Pastikan sepeda motor diparkir di tempat yang cukup aman, tidak terkena panas dan hujan. Akan lebih baik bila sepeda motor dimasukkan ke dalam rumah.

5. Gunakan standar ganda. Selain itu, beri alas kayu atau karton pada permukaan ban yang menempel ke lantai. Ban yang langsung menempel ke lantai akan menyebabkan tekanan angin cepat berkurang.

6. Pastikan sepeda motor Anda sudah dikunci dengan aman. Tutupi sepeda motor dengan tudung atau terpal. Akan lebih baik jika tudung yang digunakan memang didesain untuk sepeda motor.

7. Setelah ditinggal dalam waktu yang lama, oli akan turun ke bagian bawah mesin. Ketika nanti menghidupkan mesin sepeda motor, jangan langsung menggeber atau membuka gas terlalu besar. Saat itu, oli masih belum bersirkulasi dengan sempurna. Sebaiknya, hidupkan sepeda motor dengan starter kaki (kick starter) untuk mengurangi beban kerja dinamo starter dan aki.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2015/07/14/110100915/Perhatikan.Ini.bila.Meninggalkan.Sepeda.Motor.Saat.Mudik

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *